Kamis, 21 Januari 2016

Penyebab rambut rontok

Penyebab rambut rontok

Penyebab rambut rontok - Rambut adalah mahkota bagi setiap orang, baik pria maupun wanita, terutama wanita yang sangat memperhatikan penampilannya. Kecantikan rambutnya sangat berharga. bagi wanita yang hoby dengan tata rambut yang unik, tentunya kesehatan rambut sangatlah penting.


Rambut juga tidak jarang menjadi perhatian pria. rambut panjang dan berkilau adalah bagian dari kecantikan wanita.Namun kerontokan rambut kadang menjadi malasah. Banyak orang yang tidak menyadari bahwa ia mengalami kerontoka pada rambutnya. Kerontokan rambut umumnya di derita oleh pria sehingga banyak pria yang lambat laun menglami kebotakan bahkan saat usianya masih muda. Kerontokan rambut bisa disebabkan oleh banyak hal, sebagai berikut.

Penyebab kerontokan rambut :
  • Kulit kepala yang tidak sehat
    Kulit kepala adlaah tempat dimana rambut berdiri dan tumbuh. Kulit kepala yang tidak sehat dapat menyebabkan rambut menjadi rontok dan mudah patah.

  • Ketombe
    Inilah gangguan utama rambut. Ketombe menyebabkan kulit kepala tidak sehat sehingga rambut tidak ternutrisi dengan baik sehingga rambut mudah mengalami kerontokan.

  • Jarang keramas
    Jarang keramas juga membuat rambut menjadi rontok. Rambut yang jarang dikeramasi akan berminyak dan juga lembab. papran sinar matahari akan membuat akar rambut bercampur dengan keringat. Keringat yang ada dikulit kepala bhisa terserap oleh folikel rambut, Hal itu bisa menyebabkan rambut menjadi lepek dan juga mengalami kerontokan.

  • Hair dryer
    Hair dryer bisa membuat rambut menjadi kering. Rambut kering akan mudah patah. Rambut kering juga menyebabkan akar rambut mudah patah dan ketika akar rambut mudah patah, maka kerontokan tidak bisa dihindari lagi.

  • Pengeriting rambut
    Rambut yang sering di keriting dengan pengeriting rambut akan membuat rambut mudah patah. Alasannya adalah, rambut yang dikeriting akan dililitkan ke alatnpengeriting dan menyebabkan akar rambut tertarik, sehingga bisa menimbulkan kerontokan rambut. Selain menyebabkan kerontokan, pengeringan rambut bisa menyebabkan rambut menjadi pecah dan bercabang

  • Pencatokan rambut
    Pencatokan rambut yang dilakukan dapat memperburuk rambut anda. Pencatokan yang dilakukan mendekati akar rambut dapat membuat rambut menjadi kering dan mudah patah.

  • Obat tertentu
    Penggunaan obat tertentu pada rambut bisa memicu kerontokan pada rambut. Obat tertentu itu misalnya saja adalah obat untuk proses pelurusan rambut atau yang dikenal dengan istilah “rebounding”. Rambut yang diberikan obat dengan efek keras bisa bermasalah dan juga mengalami kerontokan. Tidak hanya itu saja, proses pendiaman selama 30 menit menggunakan obat rebonding juga bisa memperparah kerontokan rambut.

  • Bahan kimia
    Pewarna rambut misalnya. Pilihlah pewarna rambut dengan dosis bahan kimia yang rendah sehingga tidak membuat rambut rusak

  • Hormon 
    Kerontokan rambut juga bisa disebabkan oleh perubahan hormon. Semakin tua usia seseorang perubahan hormon pun semakin terlihat, oleh sebab itulah banyak yang di usia tuanya mengalami kerontokan rambut. Hal itu merupakan hal yang wajar. Ketidakseimbangan hormone akan terlihat saat usia sudah memasuki umur 30 tahun ke atas. 

  • Radikal bebas
    Radikal bebas seperti sinar matahari, polusi udara dan juga bahan kimia yang bertebaran di sekitar kita

  • Iktan rambut yang kuat
    Ikatan rambut yang terlalu kuat bisa menyebabkan seseorang mengalami kerontokan rambut. Saat rambut diikat terlalu kuat, akar rambut yang ada di kulit kepala ikut tertarik. Jika hal itu terjadi, kerontokan rambut pun tidak bisa dihindari. Jangan mengikat rambut terlalu kuat. Jika memang anda ingin mengikat rambut terlalu kuat, frekuensinya jangan terlalu lama. Mengikat rambut secara kuat atau kencang hanya bisa dilakukan maksimal dua jam saja. Selain rontok, anda bisa mengalami sakit kepala.

  • Genetik
    Hal ini mungkin akan sulit dihindari. Jika anda memiliki keluarga yang mengalami kerontokan, maka kemungkinan besar anda menglaaminya juga sangatlah besar.

  • Pengobatan
    Pengobatan tertentu bisa membuat anda terkena kebotakan, pengobatan itu misalnya saja adalah kemoterapi, radiasi dan berbagai macam obat kanker.

  • Stress
    Rambut rontok juga bisa disebabkan oleh stress yang berlebihan. Saat anda terkena stress, otot-otot syaraf yang ada di kepala bisa menengang. Otot syaraf kepala yang menegang bisa menyebabkan akar syaraf rambut menjadi lemah. Saat akar rambut menjadi lemah inilah yang bisa menyebabkan rambut mengalami kerontokan.
Dengan mengetahui apa saja yang dapat menyebabkan rambut rontok dan rusak, semoga membuat kita lebih waspada lagi dan lebih apik lagi menjaga kesehatan kulit kepala anda demi memiliki rambut sehat dan berkilau.

Penyebab rambut rontok

Share this

0 Comment to "Penyebab rambut rontok"

Posting Komentar